puerto ricoWashington DC, LiputanIslam.com — Puerto Rico tak bisa melunasi pembayaran surat utangnya sehingga dinyatakan gagal bayar (default). Ini adalah pertama kali terjadi dalam sejarah negara yang masuk persemakmuran AS ini.

“Pemegang surat utang hari ini tidak menerima penuh dan sesuai waktu pembayaran utang pada 1 Agustus untuk obligasi-obligasi yang diterbitkan Korporasi Keuangan Negara Puerto Rico,” kata lembaga pemringkat utang Moody’s Investors Service seperti dikutip AFP dan dilansir Antara, Rabu (5/8).

“Moody’s menyatakan hal ini sebagai gagal bayar,” kata Emily Raimes, Wakil Presiden Moody’s Investors Service.

Menurut USA Today, kejadian ini selain berpotensi menciptakan resesi di Puerto Rico seperti terjadi di Yunani, juga berpotensi mempengaruhi investor-investor AS.

Bank Pembangunan Pemerintah Puerto Rico hanya membayar 628.000 dolar AS dari utang 58 juta dolar AS yang harus dibayarkannya kepada kreditor-kreditor, tambah Moody’s.

Moody’s mengatakan keputusan tersebut “mencerminkan keperihatinan serius terhadap likuiditas Puerco Rico dan keperluan untuk memastikan pelayanan vital publik dijaga.”

Utang luar negeri Puerto Rico mencapai $72 miliar, lebih kecil jika dibandingkan utang Yunani yang mencapai $350 miliar.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL