rsupadammalikmedanMedan, LiputanIslam.com — Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan kembali kedatangan empat pasien suspect Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV). Dengan demikian saat ini ada enam pasien yang dirawat di rumah sakit ini.

Keempat pasien itu datang dengan waktu berbeda pada Jumat (9/5). Seluruhnya merupakan warga Kota Medan, Sumatera Utara. Masing-masing adalah MA (71) dari Kecamatan Medan Baru, kemudian AP (62) warga Kecamatan Medan Belawan, serta pasangan suami istri SN (55) dan FW (51).

“Satu pasien rujukan dari rumah sakit lain, sementara yang lainnya datang sendiri,” kata Prof Luhur Soeroso, Kepala Departement/SMF Paru RSUP Adam Malik kepada wartawan, Jumat siang.

Pasien yang baru masuk ini umumnya menyampaikan keluhan demam, batuk dan flu. Seluruhnya baru saja pulang umrah dari Arab Saudi. Namun waktu kepulangannya berbeda. Pasien MA tiba di Medan pada Kamis (8/5), suami istri SN dan FW tiba pada Senin (5/5), sementara AP sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Murni Teguh kemudian dirujuk ke RUSP Haji Adam Malik.

Terhadap keempat pasien ini, dokter segera melakukan pemeriksaan. Hasil pemeriksaan itu yang nantinya menentukan apakah mereka positif MERS atau hanya sakit flu biasa.

Dengan masuknya empat pasien baru ini, maka sekarang ada enam orang suspect MERS di rumah sakit tersebut. Sebelumnya ada dua pasien suspect. Hasil cek laboratorium masih belum diperoleh, namun saat ini kondisi keduanya cenderung membaik.

Selain di Medan, penderita suspect Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) diketahui juga terdapat di Bandung (4 orang) dan Padang (2 orang).(ca/detiknews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL