swissNew York, LiputanIslam.com — Swiss untuk ketiga kalinya menempati tempat tertinggi daftar negara-negara paling menyenangkan di dunia berdasarkan Indek Kebahagiaan Dunia yang dibuat oleh Sustainable Development Solutions Network (SDSN), lembaga bentukan PBB.

Swiss, yang terkenal dengan cokelat, jam tangan, dan Pegunungan Alpen-nya itu itu berhasil mengungguli negara-negara menyenangkan lainnya seperti Islandia, Denmark, Norwegia dan Kanada. Sementara Togo, Burundi, Benin,  Rwanda, serta Suriah, menempati posisi paling bawah negara yang menyenangkan.

Laporan ‘The World Happiness Report’ mengevaluasi kondisi 158 negara di dunia berdasarkan beberapa aspek ‘kebahagiaan’, dengan tujuan untuk mendorong pemerintah negara-negara meningkatkan kinerjanya.

Survei tersebut berdasarkan pada data yang dikeluarkan Gallup World Poll dengan memperhatikan beberapa variabel seperti GDP per-capita riel, tingkat harapan hidup, tingkat korupsi, dan kebebebasan sosial.

“Kebahagiaan yang meningkat dianggap sebagai alat ukur yang tepat untuk menilai kemajuan sosial dan tujuan dari kebijakan publik,” tulis laporan itu seperti dilansir BBC News, Jumat (24/4).

SDSN sendiri beranggotakan para pakar dari bidang pemerintahan, akademisi, dan sektor swasta. Kelompok ini didirikan tahun 2012.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL