syrian armyDamaskus, liputanislam.com — Militer Suriah sejak hari Sabtu (1/2) melancarkan serangan intensif untuk membersihkan sarang-sarang pemberontak di kawasan strategis Qalamoun di dekat Damaskus.

Pertempuran sengit terjadi di kawasan perkebunan Rima yang terletak di dekat jalan raya yang menghubungkan Damaskus dengan Homs. Militer Suriah berhasil menggagalkan upaya pemberontak untuk menguasai jalan raya tersebut. Operasi pembersihan juga terjadi di kota Yabrud yang terletak di daerah pegunungan Qalamoun yang kini menjadi persembunyian favorit para pemberontak.

“Misi kami adalah membersihkan kawasan perkebunan Rima dari para teroris. Kami memonitor pergerakan mereka dan menyerang mereka,” kata seorang komandan militer Suriah kepada wartawan.

Mengikuti keberhasilan operasi militer di Qalamoun akhir-akhir ini, militer Suriah kini telah menguasai sepertiga kawasan yang membujur dari jalan raya di Rima hingga Yabrud. Para pemberontak berulangkali berusaha menguasai jalan raya tersebut, yang menjadi penghubung dengan kota-kota di tengah dan utara Suriah. Namun militer yang berada di kawasan itu berhasil menggagalkan upaya-upaya tersebut dan menjaganya tetap aman.

Sejumlah besar pemberontak telah tewas dalam berbagai pertempuran di kota Rankus dan Yabrud akhir-akhir ini.

“Sebagian besar dari pemberontak adalah orang asing. Kami berhasil membunuh sejumlah besar dari mereka,” tambah komandan militer tersebut kepada media Iran Press TV.

Kedekatan kota Rankus dan Yabrud dari perbatasan Lebanon telah memudahkan para pemberontak mendapatkan bantuan senjata dan pasukan selama ini.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL