suriah22Aleppo, LiputanIslam.com—Pemerintah Suriah menyatakan mereka tidak membutuhkan saran PBB setelah Sekjen PBB, Ban Ki-moon, menuduh pemerintah Suriah membunuh warga sipilnya sendiri dalam pidato perpisahannya di kantor PBB, New York, Selasa (20/09/16).

Menteri Luar Negeri Suriah, Walid Muallem, mengatakan Ban telah menyeleweng perannya untuk mencari solusi bagi permasalahan internasional selama masa jabatannya di PBB. Muallem kemudian menyatakan rakyat Suriah punya hak menentukan nasib sendiri dan “tidak butuh saran dari Ban.”

Dalam pidatonya, Ban mengatakan semua pihak yang terlibat konflik di Suriah telah membunuh warga sipil, “namun tidak ada yang sebanyak pemerintah Suriah.”

Ia juga mengecam serangan atas rombongan bantuan kesehatan PBB di Aleppo sebagai hal yang  “biadab dan memuakkan.”

Pada hari Senin (19/09/16) lalu, PBB menyatakan setidaknya 18 truk dari 31 kendaraan yang membawa alat-alat bantuan kesehatan yang bergerak ke arah kota Urum al-Kubra diserang sampai hancur. Banyak media yang memberitakan bahwa pemerintah Suriah bertanggung jawab atas insiden tersebut, namun pemerintah Suriah menyanggah tuduhan itu. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL