Deir Ezzur,LiputanIslam.com—Kantor berita Farsnews melaporkan pada Kamis (3/1), tentara Damaskus mengirim lebih banyak pasukan dan peralatan militer ke gurun Timur Deir Ezzur selama 24 jam terakhir, mempersiapkan operasi skala besar untuk memburu sisa kantong teroris ISIL.
Tentara Suriah mengirim Divisi ke-4 dan bagian dari Pasukan Pengawal Presiden ke gurun timur Suriah dari kota kecil al-Dowayer hingga kota al-Hari di dekat perbatasan dengan Irak di Tenggara Deir Ezzur.

Sementara itu, tentara Suriah masih terus melanjutkan kemajuan militernya di wilayah Suriah lainnya selama 24 jam terakhir.

Puluhan teroris tewas dan puluhan lainnya terluka selama operasi militer Suriah di provinsi-provinsi di seluruh Suriah.

Deir Ezzur

Tentara Suriah mengerahkan lebih banyak pasukan dan peralatan militer ke gurun Timur Deir Ezzur pada hari Rabu, mempersiapkan operasi skala besar untuk memburu sisa kantong teroris ISIL.

Tentara mengirim Divisi ke-4 dan bagian dari Pasukan Pengawal Presiden ke gurun timur Suriah dari kota kecil al-Dowayer hingga ke kota al-Hari di dekat perbatasan dengan Irak di Deir Ezzur Tenggara.

Penumpukan militer yang meningkat di gurun timur Deir Ezzur menunjukkan bahwa pasukan pemerintah sedang mempersiapkan operasi besar untuk membersihkan seluruh wilayah teroris ISIL dan mengakhiri setiap pergerakan teroris antara gurun Deir Ezzur di Suriah dan Anbar Irak. .

Tujuan utama tentara adalah memulihkan keamanan berkelanjutan ke wilayah perbatasan Suriah-Irak.

Idlib

Sumber-sumber lokal melaporkan pada hari Rabu bahwa jet tempur Rusia dan pesawat pengintai telah meningkatkan penerbangan mereka di atas wilayah yang dikuasai teroris di provinsi Idlib saat Tentara Suriah mengirim lebih banyak pasukan ke wilayah itu untuk serangan besar-besaran terhadap gerilyawan.

Sumber-sumber yang berafiliasi dengan kelompok militan melaporkan bahwa pesawat-pesawat tempur telah terbang di atas wilayah-wilayah yang dikuasai teroris di Idlib, menambahkan bahwa Sukhoi AM-24 Rusia telah terlibat untuk memata-matai penerbangan demi menentukan posisi dan pangkalan teroris di wilayah tersebut.

Sementara itu, Tentara Suriah mengirim konvoi panjang, termasuk puluhan pasukan dan sejumlah besar peralatan militer ke Hama Utara.

Tentara telah mengirimkan sejumlah besar pasukan dan sejumlah besar perangkat keras militer untuk menghubungi garis teroris di zona demiliterisasi di Lattakia dan Hama Timur Laut, mempersiapkan operasi besar untuk memburu para militan.

Aleppo

Kelompok militan yang didukung Turki terus menyerang milisi Kurdi di Aleppo  pada hari Rabu. Serangan ini kemungkinan akan meningkatkan konfrontasi langsung antara tentara Suriah dan Turki.

Situs berbahasa Arab dari web berita Kurdi, Hawar news, melaporkan bahwa militan yang didukung Ankara menyerang posisi Dewan Militer al-Bab di desa-desa Albuhij dan Bou Qaz di dekat kota al-Arimah Timur, tanpa memperdulikan  kehadiran Tentara Suriah di wilayah tersebut.

Lebih lanjut dikatakan bahwa orang-orang bersenjata Dewan Militer al-Bab berhasil mengusir serangan pasukan Ankara.

Sementara itu, pusat media Dewan Militer Manbij melaporkan bahwa orang-orang bersenjata pasukan Euphrates Shield yang dipimpin Turki menargetkan posisi dewan di garis pemisahan Sajoiur dekat kota Manbij di Aleppo.

Informasi itu lebih jauh mengatakan bahwa para militan yang didukung Ankara melancarkan penembakan di kota-kota kecil Jokhar Kabir sebelah Timur Manbij, al-Mohsenli Barat Manbij dan desa-desa al-Baraziyah Barat kota al-Arimah dan juga al-Koridiyah wilayah di Aleppo.

Pakar militer mengatakan bahwa serangan gerilyawan yang didukung-Ankara atas Kurdi terlepas dari kehadiran militer Suriah di wilayah tersebut telah meningkatkan kemungkinan konfrontasi langsung antara pasukan Damaskus dan pasukan kelompok militan yang didukung Turki.

Sementara itu, pertikaian sengit antara Tahrir al-Sham Hay’at (Front Al-Nusra) dan kelompok-kelompok teroris saingan, yang didukung oleh Front Pembebasan Nasional (NLF), di Aleppo Barat menimbulkan puluhan korban pada kedua belah pihak.

Sejumlah 40 teroris terbunuh dan puluhan lainnya terluka dalam putaran baru pertikaian berat antara Tahrir al-Sham dan Nouralddeen al-Zinki yang berafiliasi dengan NLF di Aleppo Barat.

Abu Ahmad Homsi, seorang komandan terkenal al-Zinki, tewas dalam pertempuran di dekat kota Dar al-Izzah, kata sebuah sumber lapangan, menambahkan bahwa puluhan warga sipil juga telah terbunuh atau terluka dalam bentrokan antara teroris yang bersaing.

Tahrir al-Sham merebut desa Basratoun di Aleppo Barat dan memasuki kota strategis Dar al-Izzah setelah terjadinya bentrokan. (fd/Fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*