indianLima, LiputanIslam.com — Otoritas Peru memutuskan untuk mengevakuasi seluruh penduduk sebuah desa terpencil di Amazon setelah desa tersebut diserang oleh suku Indian.

Sekitar 200 anggota suku Indian Mashco-Piro yang tidak pernah berhubungan dengan manusia lain, dengan bersenjatakan tombak dan panah diketahui telah menyerang Desa Monte Salvador untuk mendapatkan makanan. Mereka dilaporkan telah membunuh binatang-binatang piaraan dan mengambil barang-barang keperluan rumah tangga sebelum kembali ke balik hutan belantara.

Tidak ada warga yang terluka dalam serangan yang terjadi hari Kamis (18/12), karena saat itu sebagian besar warga tengah berada di luar. Namun polisi menganggap penduduk harus dievakuasi ke kota terdekat untuk menghindari insiden lebih lanjut. Demikian BBC News melaporkan.

Polisi menyebut serangan seperti itu sudah terjadi tiga kali dalam tahun ini di Desa Monte Salvador. Warga menyebutkan bahwa pada hari Sabtu (20/12) suku indian itu kembali lagi dan warga telah melarikan diri.

Polisi dikabarkan telah mengirim kapal-kapal motor untuk membawa warga desa ke Puerto Maldonado, sebuah kota di sebelah tenggara Peru, dekat dengan perbatasan Bolivia dan Brazil.

Kelompok pembela warga asli Fenamed telah lama mendesak pemerintah untuk melindungi tanah-tanah garapan suku indian Mashco-Piro dari penjarahan perusahaan-perusahaan logging serta penyelundup obat-obatan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL