california-walkout-tuition-university.siLos Angeles, LiputanIslam.com — Aksi protes menolak pencabutan subsidi tidak hanya terjadi di negara-negara relatif miskin seperti Indonesia. Di negara semaju AS pun aksi demonstrasi akibat pencabutan subsidi pun terjadi.

Sebagaimana dilaporkan Russia Today, Rabu (26/11), para mahasiswa di universitas-universitas negara bagian California, melakukan aksi mogok belajar memprotes naiknya biaya pendidikan yang timbul karena berkurangnya subsidi pemerintah.

Pada hari Senin (24/11), ratusan mahasiswa University of California melakukan aksi mogok sebagai bagian dari aksi-aksi protes menentang kenaikan biaya pendidikan di universitas negeri itu.

University of California Berkeley menjadi pusat aksi protes yang digelar di beberapa universitas negeri di California.

Minggu lalu, Kamis (20/11), UC Board of Regents (Dewan Wali Amanah) menyetujui kenaikan biaya kuliah sebesar 5% per-tahun selama 5 tahun mendatang. Akibatnya, tahun depan biaya kuliah di University of California naik dari $12.192 menjadi $12.804. Pada tahun 2019, nilainya bahkan melonjak menjadi $15.564. Angka itu belum termasuk buku-buku, asrama dan biaya tambahan lainnya.

Di UC Berkeley, beberapa mahasiswa telah menduduki auditorium Wheeler Hall sejak keputusan kenaikan ditetapkan.

Menurut para anggota Regent, kenaikan itu disebabkan oleh berkurangnya dana subsidi yang diberikan pemerintah negara bagian. Namun Gubernur California Jerry Brown justru mengkritik gaji tinggi yang diterima para eksekutif universitas.

Tahun ini University of California menerima subsidi sebesar $2,64 miliar dari pemerintah negara bagian. Jumlah ini lebih kecil $460 juta dari angka tujuh tahun lalu.

“Secara mendasar ini adalah masalah antara Gubernur Brown dan Presiden University of California Janet Napolitano. Kami tidak ingin menjadi alat tawar menawar,” kata mahasiswa senior UC Berkeley Sofie Karasek kepada Huffington Post.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL