Sumber: Reuters

LiputanIslam.com—Lembaga penelitian Amerika melaporkan bahwa transaksi senjata antara Amerika dengan Arab Saudi dan UEA cenderung diremehkan. Jumlah transaksi sebenarnya antar tiga negara itu bisa melebihi milyaran dolar dibandingkan laporan-laporan sebelumnya.

Berdasarkan data yang didapatkan oleh pengamat jual-beli senjata Security Assistance Monitor (SAM) bahwa AS setidaknya telah menjual senjata senilai $68.2 milyar kepada dua negara tersebut sejak dimulainya agresi militer ke Yaman.

Laporan ini menunjukkan bahwa keterlibatan AS terhadap krisis kemanusiaan yang kini melanda Yaman, jauh lebih dalam dari yang dapat dibayangkan sebelumnya.

Bahkan, nilai penjualan senjata itu mencapai 17 kali lipat dibandingkan dengan total bantuan kemanusiaan yang diberikan PBB kepada Yaman yang hanya berjumlah $4 milyar.

Hasil penelitian transaksi senjata ini muncul seiring dengan datangnya desakan dari kongres AS untuk mengakhiri keterlibatan Amerika dalam perang Yaman yang telah menyebabkan jutaan orang mengungsi dan tersebarnya berbagai macam penyakit akibat perang. (fd/Presstv)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*