Damaskus, LiputanIslam.com – Sebuah studi baru dari lembaga IHS Jane’s memperlihatkan bahwa penggulingan pemerintah Assad di Suriah akan sangat menguntungkan ISIS. Sebab, sebagian besar pertempuran yang dilakukan ISIS adalah melawan pemerintah Suriah dan sekutu-sekutunya.

Studi Jane menunjukkan bahwa 42% dari semua pertempuran ISIS di Suriah adalah melawan Assad beserta para pendukungnya. Selebihnya, 17% melawan pasukan Kurdi dan sisanya melawan sesama kelompok pemberontak, termasuk pemberontak yang didukung Turki dan kelompok teroris Nusra Front milik al-Qaeda.

AS telah lama menyatakan keinginan untuk menggulingkan Assad. Dewan CIA berargumen bahwa ISIS akan berhasil dikalahkan jika rezim Assad bisa ditumbangkan terlebih dahulu dan diganti dengan pemerintah yang lebih “stabil” dalam mengontrol negara.

Jane menilai bahwa AS akan mengeluarkan lebih banyak lagi pasukan ISIS untuk memerangi pemerintah Assad. Langkah AS ini juga dinilai akan jadi keuntungan besar bagi ISIS. (AL/Mintpressnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL