crescentcrossMoskow, LiputanIslam.com — Sebuah studi yang dilakukan Pew Research Center menyimpulkan bahwa jumlah umat Islam di dunia akan menyamai umat Kristen pada tahun 2050 dan melampaui umat Kristen pada tahun 2070.

Seperti dilansir Russia Today, Jumat (3/4), jumlah umat Islam di dunia saat ini adalah sekitar 1,6 miliar atau 23% dari jumlah penduduk bumi. Sementara itu penganut Kristen (termasuk Katholik dan turunan Kristen lainnya) mencapai 2,2 miliar atau 31% penduduk dunia yang berjumlah 6,9 miliar.

Studi tersebut menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh pada pertumbuhan penganut agama seperti tingkat kesuburan, populasi generasi muda serta tingkat perpindahan antar agama.

Jika faktor-faktor tersebut tidak berubah maka studi tersebut memperkirakan jumlah penganut Islam akan meningkat 73% menjadi 2,8 miliar orang pada tahun 2050. Sementara pada saat yang sama jumlah penganut Kristen adalah 2,9 miliar.

“Alasan utama umat Islam berkembang bukan hanya karena jumlahnya saja namun juga karena perannya, adalah karena faktor dimana mereka tinggal,” kata Alan Cooperman, Direktur Riset Agama Pew Research Center kepada NPR.

“Populasi Muslim terkonsentrasi pada tempat-tempat paling pesat pertumbuhannya di dunia,” tambahnya.

Studi tersebut juga menemukan fakta bahwa umat Islam adalah umat yang paling ‘subur’ dengan jumlah anak rata-rata wanita Muslim mencapai 3,1 orang, dibandingkan wanita Kristen yang hanya 2,7 anak.

Selain itu umat Islam juga memiliki jumlah generasi muda yang lebih besar. Jumlah generasi muda dunia di bawah usia 15 tahun didominasi oleh anak-anak muda Islam yang mencapai 30%, sementara anak-anak muda Kristen hanya menyumbang 27%.

Studi tersebut juga memberikan kesimpulan yang menarik, khususnya bagi Muslim Indonesia. Jika saat ini Indonesia adalah negara Muslim terbesar di dunia, maka pada tahun 2070 mendatang India akan menjadi negara Muslim terbesar di dunia, meski mayoritas penduduk negara itu tetap dipegang oleh penganut Hindu.

Pew Research Center adalah lembaga kajian politik, sosial dan demografi yang berbasis di Washington D.C, AS.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL