debate10eSingapura, LiputanIslam.com — Koran terkemuka Singapura, Straits Times, melalui wartawan sekaligus kepala bironya di Indonesia, Zakir Hussain, menganggap Jokowi sebagai pemenang dalam debat capres pertama beberapa waktu lalu.

Hal itu terungkap dalam laporan Straits Times berjudul “Backed by sharp running mate, Jokowi trumps Prabowo in round one”, Selasa (10/6).

“Jika debat tersebut adalah pertempuran untuk memperebutkan pemilih yang masih ragu-ragu, maka debat hari Senin (9/6) adalah awal yang bagus bagi Jokowi-Kalla,” tulis Straits Times (ST).

Dalam laporan tersebut bahkan disebutkan bahwa Prabowo adalah capres yang tidak menguasai birokrasi sipil, suara yang sama sebagaimana tuduhan lawan-lawan politik Prabowo di Indonesia.

“Namun komentar-komentarnya juga menunjukkan kekurang pengalamannya dalam birokrasi sipil,” tulis ST merujuk pada Prabowo.

“Sebaliknya, Jokowi mendapatkan keuntungan dari pengalamannya selama 10 tahun sebagai walikota Solo dan gubernur Jakarta untuk menunjukkan bagaimana perbedaan dia (dengan Prabowo),” tambah ST dalam laporan itu.

Laporan tersebut juga menggambarkan bagaimana awalnya Jokowi tidak diunggulkan untuk bisa melawan Prabowo yang dikenal sebagai jagoan pidato. Selain itu Prabowo juga dianggap lebih berpengalaman sebagai kandidat wapres dalam pilpres tahun 2009.

Untuk menutupi kelemahan tersebut, ST menyebutkan bagaimana JOkowi melakukan “latihan” terlebih dahulu bersama tim suksesnya. Sementara Prabowo dan timsesnya lebih santai menghadapi debat.

“Ketika ditanya tentang persiapan debat, tim kampanye Idrus Marham menjawab: “untuk apa?”,” tulis ST lagi.

“Ia (Idrus Marham, Sekjen Golkar pendukung pasangan Prabowo-Hatta Radjasa) mendapat jawabannya Senin malam, ketika banyak pemirsa dan komentator di rumah menilai bahwa Jokowi dan Jusuf Kalla, memenangkan debat pertama itu,” tambah ST.

Namun sayang, ST luput berkomentar tentang insiden “kertas nongol” di kantong jas Jokowi yang menjadi bahan perdebatan luas publik di Indonesia.(ca/straits times)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL