sri lanka prime miniserColombo, LiputanIslam.com — Perdana Menteri baru Sri Lanka Ranil Wickremesinghe menuduh Australia mengadakan kesepakatan rahasia dengan mantan Presiden Mahinda Rajapaksa untuk mencegah pengiriman pencari suaka Sri Lanka ke Australia.

Menurut Ranil, Senin (23/2), Rajapaksa telah sepakat untuk mencegah pengiriman pencari suaka dari Sri Lanka ke Australia dengan imbalan Australia bungkam soal pelanggaran yang dilakukan regim Rajapaksa. Demikian seperti dilansir Press TV.

Ranil menyebut hubungan PM Australia Tony Abbott dengan mantan Presiden Srilanka yang kalah dalam pemilihan presiden bulan lalu, sebagai “suatu misteri”.

Wickremesinghe menuduh pejabat-pejabat pemerintahan Rajapaksa terlibat langsung dalam kegiatan bisnis pengiriman imigran ilegal. Ia menyerukan Australia dan negara-negara lain pendukung regim Rajapaksa untuk belajar dari pengalaman. Lebih jauh ia menyatakan bahwa pemerintahan Srin Lanka saat ini tidak akan melakukan hal yang sama.

“Saat pelanggaran-pelanggaran HAM terjadi dan demokrasi terpinggirkan, negara-negara itu (Australia dan lain-lain) diam membisu. Ini adalah satu masalah bagi Sri Lanka,” kata Ranil Wickremesinghe.

Di bawah kesepakatana rahasia itu, Ranil mengungkapkan bahwa pemerintah Australia berhenti menyuarakan kritikan atas pelanggaran HAM di Sri Lanka, terutama dalam kasus penindasan kelompok minoritas Tamil. Sebaliknya, kementrian pertahanan Sri Lanka meningkatkan operasi pencegahan pengiriman kapal-kapal imigran ke Australia. Pemerintahan Sri Lanka juga membantu Australia dalam mengembalikan pencari suaka ke Sri Lanka.

Belum ada komentar dari Rajapaksa dan para pejabatnya tentang pernyataan Ranil ini.

Australia telah menerapkan kebijakan yang lebih keras untuk mencegah masuknya imigran asing ke negara itu dalam beberapa tahun terakhir dengan mengirim mereka ke pusat penahanan imigran yang dibangun Australia di Papua Nugini dan Pulau Nauru serta Pulau Manus.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL