jaffnaColombo, LiputanIslam.com — Sri Lanka membuka kembali jalur kereta api (KA) ke kota Jaffna di wilayah utara yang ditutup selama 24 tahun karena perang saudara melawan gerilyawan Tamil.

Sebagaimana laporan BBC News, layanan kereta api yang terkenal dengan “Queen of Jaffna”, mulai hari ini (13/10) beroperasi kembali setelah pemerintah melakukan perbaikan intensif atas jalur KA yang menghubungan Colombo-Jaffna itu. Pembukaan kembali jalur kereta api itu menjadi simbol positif pembangunan Sri Lanka paska perang saudara berdarah yang menelan puluhan ribu warga Sri Lanka.

Peresmian jalur ini dilakukan oleh Presiden Mahinda Rajapaksa di stasiun Jaffna, Senin (13/10).

Jalur KA Colombo-Jaffna merupakan jalur transportasi vital yang mengantarkan barang-barang dan penumpang dari wilayah utara Sri Lanka ke ibukota Colombo di selatan Sri Lanka.

Layanan kerata api tersebut memberikan pengalaman baru bagi para generasi muda yang tidak pernah melihat kereta api sebelumnya, demikian BBC melaporkan.

Selama puluhan tahun jutaan warga, terutama orang-orang Tamil di utara Sri Lanka, menggunakan jalur tersebut untuk mengiriman barang-barang produksi mereka ke wilayah selatan. Sebagian besar lainnya untuk bekerja di Colombo dan kota-kota lain di selatan yang lebih maju perekonomiannya.

Selama perang sipil, pemerintah menggunakan jalur itu untuk memobilisasi pasukan dan perlengkapan militer, dan kereta api selalu menjadi target serangan para gerilyawan Tamil.

Perang sipil antara pasukan pemerintah melawan kelompok gerilyawan Tamil yang berlangsung antara tahun 1983 hingga 2009, menewaskan tidak kurang dari 70.000 orang.

Perang berakhir bulan Mei 2009 setelah pasukan pemerintah merebut basis terakhir kelompok gerilyawan Macan Tamil.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL