Washington, LiputanIslam.com–Peneliti keamanan di Google telah menemukan spyware (perangkat pengintai) yang sangat canggih dalam mencuri data para pengguna Google Play. Perangkat ini ternyata dikembangkan oleh oleh perusahaan Israel.

Google mengatakan, spyware bernama “Lipizzan” ini dibuat oleh perusahaan Equus Technologies Israel yang mengklaim diri sebagai  “solusi inovatif yang dibuat khusus untuk penegak hukum, badan intelijen, dan organisasi keamanan nasional”.

Menurut laporan dari Google, Lipizzan dapat memonitor dan mencuri email, SMS, lokasi, telepon, dan media milik pengguna.

“Kami telah menemukan 20 aplikasi Lipizzan yang terdistribusi di kurang dari 100 perangkat, [dan kami] sudah memblokor pengembang aplikasi itu dari ekosistem Android.”

“Google Play Protect sudah memberikan notifikasi kepada semua perangkat yang terpengaruh dan telah menghapus aplikasi Lipizzan.” lanjut Google.

Majalah Forbes yang melaporkan berita ini menulis bahwa mereka telah mengontak Equus Technologies melalui email dan LinkedIn perusahaan mengenai masalah ini, namun tidak mendapat jawaban apapun. (ra/mintpress)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL