colombia articactsMadrid, LiputanIslam.com — Spanyol mengembalikan benda-benda bersejarah milik Kolombia yang hilang dicuri oleh sindikat obat-obatan terlarang. Benda-benda itu telah berada di tangan otoritas Spanyol sejak 11 tahun lalu.

BBC News melaporkan, Selasa (2/9), benda-benda bersejarah itu berupa 691 artefak kuno yang disita polisi saat melakukan operasi penangkapan jaringan narkoba tahun 2003. Sebagian besar benda dari keramik kuno itu diperkirakan telah berumur 34 abad dengan nilai yang tidak bisa dihitung.

Sesuai keputusan pengadilan Spanyol bulan Juni lalu, benda-benda itu kini telah dikembalikan kepada pemerintah Kolombia. Sebelumnya, selama 11 tahun proses pengadilan yang melibatkan otoritas kedua negara serta pihak ketiga yang mengklaim sebagai pemilik, benda-benda itu ditempatkan di Museum Amerika di Madrid.

Kementrian luar negeri Kolombia mengatakan kepada Associated Press, menyambut kedatangan kembali benda-benda bersejarah itu ke Kolombia, pemerintah akan memamerkan benda-benda itu dalam sebuah pameran tahun depan.

Artefak-aftefak itu telah dibuat sebelum kedatangan bangsa Spanyol ke Amerika Selatan pada abad 16.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL