banner-aparthiedCape Town, LiputanIslam.com – Dalam satu minggu terakhir (10-16/3), warga di penjuru Afrika Selatan memperingati Israeli Apartheid Week (IAW)  untuk menyuarakan solidaritas mereka terhadap rakyat Palestina yang hingga kini masih berada dalam pendudukan Israel.

IAW sendiri adalah serangkaian acara peringatan Internasional yang diselenggarakan di seluruh dunia dalam rangka meningkatkan kesadaran dan keperdulian masyarakat terhadap politik apharteid yang dilakukan Israel terhadap bangsa Palestina.

Para aktifis, kelompok-kelompok masyarakat dan pejabat partai Konggres Nasional Afrika – ANC (African National Congress), menyelenggarakan lebih dari 100 acara termasuk diantaranya mengadakan berbagai unjuk rasa, orasi, dan pagelaran budaya  yang berisi kecaman terhadap politik apartheid  rezim Israel terhadap bangsa Palestina.

Berbagai acara yang diselenggarakan dalam IAW kali ini juga berusaha mencoba menjelaskan mengenai kemiripan propaganda kampanye rezim Tel Aviv  terhadap rakyat Palestina itu, dengan hukum apartheid yang pernah berlaku di Afrika Selatan.

Penyelenggara mengungkapkan, antusiasme tinggi masyarakat terhadap acara IAW  menunjukkan bahwa kampanye anti-Israel yang selama ini dilakukan telah berkembang dengan pesat dari semenjak IAW di perkenalkan satu dekade yang lalu.

IAW diselenggarakan pula di Amerika Serikat dan Inggris antara 25 Februari sampai 2 Maret. Even ini juga diselenggarakan di lebih dari 200 kota di seluruh dunia.

Rezim Apartheid Israel mengingkari hak-hak dasar 1,7 juta masyarakat Gaza, seperti kebebasan bergerak, pekerjaan dengan bayaran setimpal, serta pelayanan kesehatan dan pendidikan yang memadai.

Rezim Israel  mempertahankan sikap menantang dan tidak perduli atas permintaan dunia untuk membekukan perluasan pemukiman illegalnya di atas tanah rakyat Palestina, meskipun berulang-ulang mendapat kecaman dari dunia Internasional karena hal ini.

Lebih dari setengah juta warga Israel tinggal di atas lebih dari 120  pemukiman illegal semenjak tahun 1967 semenjak pendudukan Israel atas wilayah Palestina mulai dari Tepi Barat hingga timur Al-Quds. (lb/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL