snowden102way_sq-e640efc5481e6a88137c4aa402822717bc5c48b2-s6-c30Oslo, liputanislam.com — Anggota parlemen Norwegia hari Rabu kemarin (29/1) mengusulkan agar Edward Snowden diberi hadiah Nobel Perdamaian 2014. Menurutnya, aksi Snowden membocorkan informasi rahasia tentang kegiatan mata-mata badan inteligen Amerika NSA telah membuat dunia menjadi lebih aman.

Baard Vegar Solhjell, mantan menteri pendidikan dan lingkungan dari Partai Sosialis Kiri yang kini menjadi anggota parlemen Norwegia mengatakan, pembocoran informasi oleh Snowden telah memperdalam pemahaman masyarakat tentang sejauh mana negara memata-matai warga negara mereka sendiri.

“Tidak ada keraguan bahwa tindakan Edward Snowden mungkin telah merusak kepentingan keamanan dari beberapa negara dalam jangka pendek,” kata Solhjell dan anggota parlemen lainnya, Snorre Valen, dalam pernyataan bersama mereka hari Rabu (29/1).

“Kami, bagaimanapun, yakin bahwa debat publik dan perubahan kebijakan yang mengikuti pengungkapan Snowden telah memberikan kontribusi untuk sebuah tatanan dunia yang lebih damai, stabil dan damai,” kata keduanya. “Tindakannya berdampak pada dikenalkannya lagi soal kepercayaan dan transparansi sebagai prinsip utama dalam kebijakan keamanan global.”

Snowden kini menetap di Rusia setelah mendapat suaka di sana sejak Agustus 2013 lalu. Ia menghadapi tuntutan hukum di Amerika Serikat karena membocorkan program rahasia yang dilakukan NSA bersama kolega intelijennya dari berbagai negara, termasuk Inggris. Snowden mulai membocorkan dokumen rahasia NSA setelah ia pergi dari Hawaii menuju Hongkong, Mei 2013 lalu.

Ribuan orang di seluruh dunia memenuhi syarat untuk mengajukan calon untuk diajukan sebagai penerima Hadiah Nobel Perdamaian. Ada 259 nominasi untuk Nobel tahun lalu, yang akhirnya dimenangkan oleh Organisasi Pelarangan Senjata Kimia karena upayanya  untuk menghancurkan senjata kimia Suriah.

Komite Nobel Norwegia akan mengumpulkan nominator untuk Nobel 2014 hingga 1 Februari dan menyelesaikan daftarnya pada 4 Maret, ketika panitia mengadakan pertemuan pertama tahun ini. Nama pemenang akan diumumkan pada 10 Oktober 2014.(ca/reuters)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL