nelson mandela piala duniaJohannesburg, LiputanIslam.com — Warga Afrika Selatan (Afsel) dilanda kegemparan setelah terkuaknya skandal suap dalam penetapan Afrika Selatan sebagai tuan rumah Piala Dunia tahun 2010 lalu. Selama ini mereka menyangka kharisma pemimpin mereka, Nelson Mandela sebagai faktor keberhasilan penyelenggaraan piala dunia yang pertama di benua Afrika itu.

Seperti dilaporkan BBC News, Jumat petang (29/5), para penyidik federal AS menemukan bukti bahwa pemerintah Afsel telah menyuap FIFA untuk menjadikan negaranya menjadi tuan rumah acara bergengsi itu.

Dalam laporan itu, modus penyuapan itu adalah pemerintah Afsel diam-diam ‘menyumbangkan’ sejumlah uang kepada FIFA, kemudian FIFA mengembalikan sebagian uang itu ke Afsel dengan menyebutnya sebagai ‘bantuan FIFA’ untuk mendukung pelaksanaan kegiatan piala dunia. Sebagian sumbangan itu masuk ke kantong pribadi para pejabat FIFA.

Penyelidikan juga menyinggung kasus sebelumnya terhadap seorang pejabat tinggi Afsel yang disebut-sebut telah meninggalkan bungkusan uang sebesar $10.000 di sebuah hotel di Paris yang ditujukan untuk mantan wakil ketua FIFA Jack Warner.

Menteri olahraga Fikile Mbalula membantah tuduhan itu sebagaimana juga Warner. Ia menambahkan bahwa penyelenggaraan piala dunia lalu telah mendapatkan audit yang baik dari auditor independen.

Sebagian warga Afsel menyebutkan bahwa tuduhan suap tersebut dilancarakan oleh orang-orang yang tidak menyukai piala dunia berhasil diselenggarakan dengan sukses di Afrika.

“Adalah sangat menyedihkan, namun kenyataannya adalah ini adalah Afrika dan tuduhan-tuduhan itu adalah sesuatu yang sudah kita perkirakan (akan datang),’ kata seorang pengusaha kepada BBC.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL