singapura kemerdekaanSingapura, LiputanIslam.com — Pemerintah Singapura menggelar peringatan hari kemerdekaan ke-50 secara besar-besaran. Puluhan ribu warga pun turun ke jalanan untuk menyaksikan pawai dan berbagai pertunjukan yang digelar Minggu petang (9/8).

Singapura menjadi negara merdeka setelah gagal bergabung dengan Malaysia di tengah-tengah kerusuhan sosial. Dalam 50 tahun, Singapura pun berhasil menjadi salah satu negara paling makmur di dunia, meski suara-suara kritis menyebutnya sebagai salah satu negara otoriter.

Meski pemerintah dan warga Singapura selalu menyambut hari kemerdekaan dengan penuh antusias, tahun ini merupakan peringatan yang paling meriah dengan persiapan yang berlangsung selama berbulan-bulan. Demikian seperti dilaporkan BBC News, Senin (10/8).

“Ini hanya ulang tahun ke 50 tahun bagi negara kecil seperti kami. Namun kami telah meraih banyak hasil. Ini adalah tahun dimana warga Singapura ingin mengingatnya selamanya,” kata seorang warga kepada Reuters.

Untuk menyambut kemerdekaan ini, Singapura mengumumkan hari libur nasional selama 4 hari. Akibatnya pada hari Kamis dan Jumat petang ribuan warga Singapura berbondong-bondong pergi ke Malaysia untuk berliburan.

Namun sekitar diperkirakan hampir 30.000 orang memilih berkumpul di kawasan Padang di tengah Singapura untuk merayakan hari kemerdekaan yang dimeriahkan oleh pertunjukan aerobatik.

Peringatan tahun ini termasuk juga penghormatan khusus kepada almarhum Lee Kuan Yew yang memimpin kemerdekaan Singapura dan berhasil membawa Singapura menjadi negara maju saat mundur sebagai perdana menteri tahun 1990. Ia meninggal bulan Maret lalu.

Partai bentukan Lee, People’s Action Party (PAP) secara efektif menjadi penguasa Singapura sejak kemerdekaan tanpa memberi kesempatan oposisi untuk banyak berkiprah dalam kekuasaan. Namun dengan cara itulah pendapatan per-kapita Singapura mencapai $56.000 dan lebih dari 90% warganya memiliki rumah sendiri.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL