singapore2_1Singapura, LiputanIslam.com — Singapura merupakan kota berbiaya hidup termahal di dunia pada 2014, dibandingkan 131 kota-kota lainnya di dunia. Demikian hasil survei lembaga ekonomi Economist Intelligence Unit (EIU) baru-baru ini.

Dari hasil survei, kota ini memiliki nilai tukar mata uang yang kuat dengan biaya sangat tinggi untuk kepemilikan kendaraan dan kenaikan tarif listrik, membuat Singapura naik ke posisi sebagai kota termahal. Survei juga menyebutkan Singapura merupakan tempat yang paling mahal untuk membeli pakaian.

Singapura menggantikan Tokyo, yang sebelumnya berada di urutan teratas sebagai kota termahal pada 2013. Kota lain yang berada di urutan lima besar sebagai kota termahal adalah Paris, Oslo, Zurich dan Sydney, sementara Tokyo turun ke urutan enam.

Daftar 10 kota termahal di dunia tahun ini didominasi oleh kota di Asia dan Australia, serta Eropa. Meski demikian, tak semua kota di Asia merupakan kota termahal. Kota-kota besar di India, termasuk Mumbai dan New Delhi, berada dalam urutan terakhir dalam daftar EIU.

Gaji para pekerja di kota-kota tersebut yang rendah menyebabkan pengeluaran mereka sedikit, dan subsidi pemerintah membantu mereka.

Sementara, Damaskus ibukota Suriah, menjadi kota keempat di dunia dengan biaya hidup termurah, menyusul konflik yang terjadi di negara tersebut.

Sementara survei EIU menghitung biaya hidup, lembaga lain menggunakan metode penelitian yang berbeda. Mercer melakukan riset untuk mencari gambaran kota termahal bagi pekerja asing. Pada 2013, penelitian itu menyebutkan Luanda, Angola merupakan kota termahal untuk pekerja asing, karena sulitnya mencari tempat tinggal yang aman dan kenaikan harga barang.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*