singapuraSingapura, LiputanIslam.com — Singapura kembali ditetapkan sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia, menurut penelitian yang digelar oleh Economist Intelligence Unit (EIU).

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Selasa (3/3), lima kota termahal di dunia tidak berubah dari daftar tahun sebelumnya, yaitu Singapura, Paris, Oslo, Zurich dan  Sydney.

Penelitian yang dilakukan EIU mencakup 133 kota di seluruh dunia dengan menggunakan New York sebagai dasar penilaiannya. Terdapat 160 aspek layanan dan produk yang menjadi penilaian, termasuk makanan, pakaian dan biaya-biaya layanan umum.

Singapura dinyatakan lebih mahal 11% dibandingkan New York untuk barang-barang dasar grosir dan bersama Seoul (Korsel) menjadi kota termahal untuk belanja pakaian dengan tingkat harga mencapai 50% lebih tinggi dibandingkan New York, demikian EIU menyebutkan.

“Yang paling signifikan, sistem kepemilikan mobil di Singapura membuat harga mobil sangat mahal dengan biaya transportasi di Singapuran hampir tiga kali lipat di New York,” tulis EIU dalam laporannya.

Survei tersebut diadakan untuk tujuan memberikan informasi ‘online’ tentang biaya-biaya hidup bagi para pebisnis dan pekerja ekspatriat.

Menurut EIU tidak berubahnya daftar 5 kota termahal tersebut adalah ‘sangat jarang’, terutama dengan adanya perubahan harga minyak dan tekanan-tekanan deflasi di banyak pasar.

Yang paling menarik, menurut survei itu, adalah turunnya Caracas (Venezuela) dari urutan 6 kota termahal di dunia menjadi urutan ke 124, atau termasuk kota paling murah di dunia. Hal ini disebabkan oleh merosotnya harga minyak yang mengakibatkan nilai tukar mata uang negara itu yang ikut anjlok.

Namun penelitian itu tidak menyinggung pengaruh signifikan dari melonjaknya nilai tukar franc Swiss. Menurut EIU jika faktor itu diperhitungkan, Zurich akan menjadi kota termahal.

Singapura menggantikan kedudukan Tokyo sebagai kota termahal di dunia pada tahun 2014. Ibu kota Jepang itu kini berada di posisi ke 11 kota termahal di dunia tahun ini sebagai pengaruh melemahnya yen terhadap dollar serta terjadinya deflasi di Jepang.

Beberapa kota besar di India menjadi kota termurah dalam daftar itu, yaitu Bangalore, Mumbai dan Chennai yang masuk dalam daftar 5 kota termurah.

Sementara itu situs priceoftravel.com menempatkan Jakarta pada urutan ke-15 kota termurah di Asia dengan Daily Backpacker Index sebesar Rp 338.000 atau $26.84 per-hari.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*