korban ebolaFreetown, LiputanIslam.com — Sierra Leone melampaui Liberia sebagai negara korban terbesar virus ebola yang melanda kawasan Afrika Barat dan menyebar ke berbagai dunia tahun ini. Demikian laporan organisasi kesehatan dunia WHO menyebutkan, Senin (8/12).

Sebagaimana dilaporkan BBC News, jumlah terakhir penderita virus ebola di Siera Leone mencapai 7.780. Angka ini lebih tinggi dari jumlah kasus di Liberia yang mencapai 7.719. Tempat ketiga ditempati Guinea, mencapai 2.283 kasus. Virus ebola telam membunuh lebih dari 6.300 orang di ketiga negara Afrika barat ini.

Namun jumlah kematian terbesar akibat virus ini terjadi di Liberia, yang mencapai separoh lebih dari seluruh angka kematian. Demikian WHO menyebutkan.

Wabah virus ebola pertama terjadi pada tahun 1976 di Kongo, dengan indikasi muntah-muntah, berak-berak hingga pendarahan. Angka kematian akiat virus ini sangat tinggi, dalam beberapa kasus mencapai 90%.

Namun virus tidak bisa berpindah melalui udara dan hanya menular melalui kontak langsung dengan penderita melalui cairan yang dikeluarkannya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL