pengungsi sinabung (foto: Kompas)

pengungsi sinabung (foto: Kompas)

Medan, LiputanIslam.com--Usai mengunjungi lokasi para pengungsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sejumlah instruksi. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Karo Subur Tambun mengatakan, pihaknya langsung bekerja cepat melaksanakan instruksi tersebut. Salah satu program utama yang dikerjakan terlebih dulu adalah relokasi pengungsi dan pembangunan jalan.

“Ini sekarang sedang diproses. Ada 370 KK, akan dipindahkan ke kawasan Siosar,” kata Subur seperti dikutip detikcom, Kamis (30/10/2014).

Untuk perbaikan jalan, kata Subur, masih terus dikerjakan. Dia saat ini sudah berada di lokasi untuk meninjau pelaksanaan proyek tersebut. “Kita mau bangun jalan akses ke lokasi pengungsian baru. Itu dulu yang diutamakan,” tambahnya. (Baca: Kunjungi Pengungsi Sinabung, Jokowi Bawa Tradisi Baru)

Seperti dilansir Detikcom, berikut ini instruksi yang diberikan oleh Jokowi:

1). BNPB menyediakan anggaran pembangunan 370 rumah/hunian tetap dan Bupati Karo sebagai pelaksana pembangunan huntap.
2). TNI akan segera membangun jalan panjang 3,8 km dan lebar 12 m, dengan menggunakan dana oncall BNPB sebesar Rp 10 miliar dengan pola TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa).
3). K/L akan membantu pembangunan sarana prasarana di lahan relokasi sesuai dengan tupoksinya.
4). Gubernur Sumut dan Bupati Karo sebagai penanggungjawab pelaksanaan pembangunan huntap dan relokasi.

Sutopo menerangkan, saat ini pengungsi Sinabung ada 3.284 jiwa atau 1.018 kepala keluarga di 12 titik pengungsian. Berikut 4 arahan Presiden Joko Widodo untuk merelokasi para pengungsi Sinabung tersebut:

1). Memerintahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar segera mempercepat izin lahan relokasi seluas 450 ha di Kacinambun Puncak 2000 dan akses jalan menuju lokasi huntap sepanjang 3,8 km dan lebar 12 meter. Surat izin harus selesai dalam 2 hari.
2). Pemda Karo segera mempercepat pembangunan jalan menuju lokasi relokasi sepanjang 3,8 km dan lebar 12 meter dengan melibatkan pasukan Zeni TNI.
3). Untuk mengantisipasi ancaman Erupsi Gunung Sinabung ke depan maka perlu disiapkan relokasi bagi 4 desa dan 1 dusun untuk jangka panjang yaitu: Desa Guru Kinayan, Desa Berasitepu, Desa Gamber, Desa Kota Tunggal, dan Dusun Sibintun
4). Untuk jangka pendek disegerakan relokasi bagi Desa Bekerah, Simacem, Sukameriah. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL