kemenkeu perancisParis, LiputanIslam.com — Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) telah menyadap komunikasi dua menteri keuangan Prancis untuk mengumpulkan informasi mengenai kontrak-kontrak ekspor, perdagangan dan pembicaraan anggaran belanja Prancis. Demikian bunyi dokumen yang dibocorkan WikiLeaks seperti dikutip Reuters dan dilansir Antara, Selasa (30/6).

WikiLeaks mengungkapkan para menteri yang dibidik ini adalah Francois Baroin dan Pierre Moscovici, yang menjabat menteri keuangan dari 2011 sampai 2014.

Ini menyusul kabar beberapa hari lalu tentang penyadapan AS terhadap tiga presiden Prancis dari tahun 2006 sampai 2012.

WikiLeaks mengatakan salah satu dokumen berwaktu tahun 2002 dan 2012, menyebutkan NSA telah meminta dinas intelijen Australia, Inggris, Kanada, dan Selandia Baru untuk mengumpulkan informasi mengenai kontrak ekspor Prancis senilai 200 juta dolar AS dalam sektor telekomunikasi, listrik, energi nuklir, transportasi dan kesehatan.

Satu dokumen bocor lainnya memperlihatkan percakapan telepon antara Moscovici yang kini bekerja di Uni Eropa dengan seorang senator sosialis, yang tengah membahas buruknya perekonomian Prancis dan anggaran belanja negara itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL