yaumulquds2015bJakarta, LiputanIslam.com–Ribuan kaum muslimin Indonesia berdemonstrasi hari ini Jumat (10/7) di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Demonstrasi yang diberi nama Demonstrasi Hari Al Quds itu dikoordinasi oleh beberapa lembaga, antara lain Voice of Palestine, Solidaritas Muslim Indonesia untuk Al Quds, dan Garda Merah Putih.

Beberapa orator tampak silih berganti menyampaikan orasi yang berapi-api. Mereka mengajak para peserta yang hadir untuk meneriakkan seruan: “Hancur Amerika! Hancur Israel! Amerika musuh Allah! Israel Musuh Allah! Bebaskan Palestina!”. Berbagai spanduk berisi protes atas aksi penindasan Israel terhadap Palestina dan agresi Arab Saudi terhadap Yaman diusung oleh para demonstran.

Hari Al Quds adalah hari Jumat terakhir di bulan Ramadhan yang sejak tahun 1979 dicanangkan sebagai hari solidaritas dunia untuk pembebasan bangsa Palestina yang terjajah. Hari Al-Quds pertama kali dicetuskan oleh mendiang Imam Khomeini (Pemimpin Revolusi Islam Iran) pada tahun 1979.

“Saya menyeru seluruh kaum muslimin di dunia untuk menjadikan Jum’at terakhir di bulan suci Ramadhan sebagai Hari al-Quds; dan melalui demonstrasi solidaritas kaum muslimin sedunia, mengumandangkan dukungan mereka atas hak-hak rakyat muslim,” demikian pidato Imam Khomeini ketika mengumumkan Hari Al-Quds, 7 Agustus 1979.

Demo Al Quds hingga kini terus dilakukan di berbagai negara di seluruh dunia. Di Indonesia, demo Al Quds digelar di berbagai kota, antara lain di Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Kendari.(fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL