masjid uppsalaStockholm, LiputanIslam.com — Masjid di kota Uppsala, Swedia, mengalami aksi pembakaran pada pagi hari tahun baru, Kamis (1/1). Seseorang atau sekelompok orang telah melemparinya dengan bom molotov dan mencoret-coret dindingnya dengan graffiti bernada rasial. Ini adalah serangan ketiga terhadap masjid dalam seminggu terakhir di Swedia. Demikian laporan Russia Today, Jumat (2/1).

Sebagaimana dilansir Russia Today, polisi tengah memburu seseorang atau sekelompok orang yang telah melakukan aksi vandalisme itu.

“Seseorang melemparkan bom molotov ke bangunan (masjid) itu. Mereka juga menulis beberapa kalimat rasis dan vulgar,” kata jubir kepolisian Uppsala Torsten Hemlin kepada media Swedia.

Tidak ada orang yang berada di masjid itu saat terjadinya serangan yang diperkirakan terjadi pada Kamis dini hari, atau beberapa jam setelah memasuki tahun baru.

Menurut Hemlin, selain tuduhan percobaan pembakaran dan vandalisme, pelaku juga menghadapi tuduhan penyebaran kebencian. Polisi telah memeriksa sejumlah saksi mata.

Ini adalah serangan ketiga terhadap masjid di Swedia dalam seminggu terakhir. Pada Hari Natal lalu 5 orang mengalami cidera setelah bom molotov dilemparkan melalui jendela di masjid di Eskilstuna di sebelah timur Stockholm. Kemudian pada hari Senin (29/12) serangan juga terjadi di sebuah masjid di kota Eslov, namun tidak ada korban dalam peristiwa ini.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*