Sumber: Memo

LiputanIslam.com—Sejak terjadinya serangan terhadap tanker minyak pada Kamis lalu, harga minyak dunia naik hingga 3,4%. Menurut laporan Reuters, perusahaan asuransi kapal telah menaikkan biaya asuransi untuk kapal yang berlayar melalui Timur Tengah hingga 10%.

Dalam sebuah pertemuan dengan para menteri energi dari negara-negara yang tergabung dalam G20 di Jepang, Menteri Energi Arab Saudi menyampaikan komitmen kerajaan untuk memastikan stabilitas pasar minyak global.

Menteri Perindustrian Jepang, Hiroshige Seko, mengatakan para menteri sepakat tentang perlunya kerja sama untuk menangani beberapa insiden terbaru, terutama dari sisi kamanan.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump telah menarik diri dari perjanjian nuklir bersama Iran. Pasca penarikan tersebut, Trump mulai menjatuhkan gelombang sanksi ekonomi kepada Iran, termasuk menutup akses penjualan minyak Iran hingga nol.

Trump mengatakan bahwa dirinya membuka diri untuk melakukan perundingan dengan Iran, namun tawaran perundingan ditolak oleh Iran kecuali jika Amerika bersedia kembali pada kesepakatan nuklir JCPOA.

Baca: Cegah Kapal Tanker Minyak Masuki Yaman, Arab Saudi Dikecam PBB

Teheran dan Washington sama-sama mengatakan tidak tertarik dengan perang. Tetapi kekhawatiran meletusnya konflik AS-Iran di Timur Tengah masih tak bisa dihilangkan. (fd/Memo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*