Foto: press tv

Foto: press tv

Kabul, LiputanIslam.com — Empat warga sipil dilaporkan tewas dalam sebuah serangan yang menargetkan sebuah konvoi pasukan NATO, yang membawa kebutuhan logistik untuk pasukan yang dipimpin Amerika Serikat di ibukota Afghanistan, Kabul.

Insiden mematikan itu terjadi pada hari Minggu, 10 Agustus 2014, bertempat di distrik 6 pukul 11.30 waktu setempat. Dari keterangan Juru Bicara Kementrian Dalam Negeri Afghanistan, Sediq Sediqqi, selain korban tewas, ada juga tujuh orang yang terluka dalam serangan itu. Menurut keterangan saksi mata, kendaraan dan jendela toko-toko di lokasi kejadian juga rusak.

Dan, siapakah pelaku serangan itu?

Dari laporan Press TV, Minggu, 10 Agustus 2014, seorang juru bicara militan Taliban mengatakan bahwa kelompoknya bertanggung jawab atas serangan tersebut. Selama ini, Taliban memang seringkali menyerang truk-truk yang membawa pasokan kepada Tentara AS di Afghanistan.

AS dan sekutunya menginvasi Afghanistan pada tahun 2001, yang merupakan bagian dari agenda “perang melawan teror”. Namun sudah lazim diketahui, bahwa kelompok militan ini awalnya diciptakan oleh tangan-tangan inteljen AS di akhir tahun 70-an untuk mereduksi pengaruh Uni Sovyet.

Dan  kendati Taliban sudah tidak berkuasa saat ini, negara itu masih dalam kondisi mencekam dan setiap saat bisa saja terjadi serangan mematikan.  Saat ini ada lebih dari 50.000 tentara asing di Afghanistan, dan  33.000 diantaranya adalah Tentara AS. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL