shiah nigeriaAbuja, LiputanIslam.com — Serangan bom bunuh diri menewaskan 15 warga Shiah yang tengah melakukan ibadah di kota Potiskum, Nigeria, Senin (3/11). Lima orang laiannya tewas oleh tembakan aparat keamanan.

Belum ada pihak yang mengklaim sebagai penanggungjawab serangan, namun diduga kuat serangan ini dilakukan oleh kelompok teroris Boko Haram. Sebelumnya kelompok ini sering mengecam para penganut Shiah dan menuduhnya sebagai “non-Islam”.

Pemerintah juga belum memberikan keterangan tentang insiden ini, khususnya tuduhan aparat keamanan yang menembaki warga Shiah.

Sebagaimana dilaporkan oleh BBC News, pelaku serangan meledakkan bom di balik pakaiannya setelah bergabung dengan orang-orang yang tengah melakukan peringatan hari Ashura, yaitu hari dimana Hussein, cucunda Nabi Muhammad S.A.W, meninggal di Padang Karbala Irak tahun 680, karena dibunuh oleh pasukan penguasa Bani Umayyah.

Seorang tokoh Shiah setempat menyebutkan sebanyak 15 orang tewas akibat ledakan bom, 5 orang lainnya tewas karena tembakan oleh aparat keamanan. Selain itu sekitar 50 orang mengalami luka-luka.

“Saya mendengar suara ledakan keras seolah-olah itu terjadi di rumah saya,” kata Yusuf Abdullahi kepada wartawan.

BBC melaporkan, ini bukan pertama kalinya orang-orang Shiah menuduh aparat keamanan telah membunuh saudara-saudara mereka. Pada bulan Juli lalu tentara dituduh telah demonstran orang-orang Shiah di kota Zaria, menewaskan 3 orang Shiah anak-anak dari pemimpin Shiah Sheikh Ibraheem Zakzaky.

Zakzaky, sebut BBC, menghendaki berdirinya negara Islam yang berorientasi mazhab Shiah di Nigeria dan pengikutnya telah berulangkali terlibat bentrokan dengan aparat keamanan.

Sementara bagi Boko Haram, tidak hanya orang-orang Shiah yang menjadi sasaran serangan mereka, tapi juga orang-orang Kristen dan orang-orang Islam lainnya yang tidak mendukung mereka.

Pada bulan Juli lalu Boko Haram membom sebuah masjid terbuka di Potiskum, menewaskan 4 orang.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL