blatter mundurZurich, LiputanIslam.com — Sepp Blatter akhirnya mengundurkan diri dari jabatananya sebagai Presiden FIFA yang baru berhasil dipertahankannya di tengah ancaman sanksi hukum akibat penyelidikan korupsi yang dilakukan otoritas AS dan Swiss.

Dalam pengumuman pengunduran dirinya, Selasa petang (2/6), Blatter pun menyerukan untuk diadakan kongres luar biasa FIFA secepat mungkin untuk mengisi kekosongan kepemimpinan. Demikian seperti dilaporkan BBC News.

Blatter terpilih kembali sebagai Presiden FIFA minggu lalu, pada saat sejumlah pejabat dan mantan pejabat tinggi organisasi itu ditangkap oleh penyidik Swiss dan AS karena dugaaan suap dan korupsi.

“Mandat saya tampak tidak dudukung oleh semua orang,” katanya dalam pengumuman pengunduran dirinya di markas FIFA di Zuriah, kemarin.

“Ini akan membuat keterlambatan yang tidak diperlukan dan saya akan mendesak komite eksekutif untuk mengorganisir kongres luar biasa bagi pemilihan pengganti saya pada kesempatan pertama,” kata Blatter.

Kongres luar biasa itu diperkirakan akan berlangsung antara bulan Desember 2015 hinggau Maret 2016.

Sebelum pengunduran diri tersebut Blatter terlibat perang pernyataan dengan presiden federasi sepakbola Eropa UEFA, Michael Platini. Blatter bahkan mengancam akan menindak tegas Platini yang terus mengkritiknya paska pemilihan minggu lalu. Platini pun balik mengancam akan membawa UEFA memisahkan diri dari FIFA.

Putri Blatter, Corinne Blatter mengatakan kepada BBC bahwa ‘tekanan-tekanan berat’ telah membuat ayahnya mundur.

“Saya sedih namun juga senang. Harapan saya adalah agar ketenangan bisa dipulihkan, baik untuk ayah maupun dunia sepakbola. Namun di atas segalanya, agar dunia mengakui tentang hal-hal besar yang dilakukannya bagi dunia sepakbola selama 40 tahun terakhir,” kata Corinne.

Sementara Platini mengatakan, “Ini adalah keputusan yang sulit, berani, namun tepat.”

Greg Dyke, presiden federasi sepakbola Inggris, FA, yang juga menjadi penentang keras Blatter, juga menyatakan kegembiraannya dengan keputusan itu.

“Ini kabar baik bagi dunia sepakbola. Seharusnya ini terjadi beberapa tahun yang lalau,” katanya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL