113902_prabowoBogor, LiputanIslam.com – KLB Partai Gerindra yang digelar di Nusantara Polo Club, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (20/9/2014) dengan agenda khusus penetapan ketum baru menghasilkan kesepakatan berupa penunjukkan Prabowo Subianto sebagai ketum. KLB yang berlangsung dari sekitar pukul 09.30 WIB-13.30 WIB ini berlangsung secara tertutup.

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani dalam jumpa pers yang digelar usai pemilihan Ketum menyatakan, “Prabowo menerima mandat sebagai ketum tapi tidak mau berlama-lama. Akan segera diadakan kongres pertama, agar masa transisi ini berjalan smooth dan bagus.”

Muzani menambahkan bahwa pemilihan Prabowo sebagai ketua umum berlangsung secara singkat. “Beliau dipilih dengan aklamasi secara kekeluargaan,” ujarnya.

Menurut Muzani, semua kader Gerindra sepakat meminta kesediaan Prabowo sebagai ketua dewan pembina merangkap sebagai ketua umum sementara hingga kongres pertama Gerindra. Pemilihan dihadiri oleh 33 DPD dan 500 DPC se-Indonesia.

Muzani menambahkan, kongres pertama Gerindra kemungkinan akan dilakukan pada 2015 mendatang. Hal itu tertuang dalam AD ART Partai Gerindra.

Dengan hasil ini, Prabowo merangkap jabatan karena pada saat yang bersamaan, ia juga adalah ketua Dewan Pembina partai. Ini mengingatkan situasi yang sama di Partai Demokrat, di mana SBY juga merangkap sebagai Ketua Dewan Pembina sekaligus ketua umum.

Bedanya, kalau SBY menjadi ketum partai menggantikan ketua lama yang terjerat kasus korupsi, sedangkan Prabowo menggantikan almarhum Suhardi yang meninggal 28 Agustus lalu.

Terkait dengan agenda acara Partai Gerindra selanjutnya, keterangan yang disampaikan partai menunjukkan bahwa setelah KLB ini, rencananya, apel kader Partai Gerindra akan diadakan pada malam nanti. Apel ini akan diikuti oleh 5.000 kader dari DPRD kabupaten, kota, provinsi, serta DPR RI yang berjumlah 2.183 kader. Apel tersebut juga akan dihadiri oleh ketua, sekretaris, dan bendahara dari DPC dan DPD Partai Gerindra se-Indonesia, serta dewan pembina, dewan pakar, dewan sekretaris, dan sayap-sayap organisasi Partai Gerindra.

Sebut Ahok Kutu Loncat

Dalam sambutannya saat membuka KLB, Prabowo memuji kader-kader setia yang hadir di kongres, sembari mengecam fenomena kader Gerindra yang mundur dari apa yang disebutnya sebagai perjuangan merah putih.

“Saya harus nyatakan terima kasih kepada saudara-saudara yang berjuang di kecamatan-kecamatan, desa-desa, kabupaten-kabupaten. Alam akan nanti memisahkan, mana kader yang baik, kader yang setengah baik, mana yang kutu loncat, mana yang kutu busuk,” ujar Prabowo kepada para peserta KLB.

Sekitar seribu lebih kader Gerindra yang hadir berteriak “Ahok”!

“Gerindra tak masalah, yang mau menipu, berkhianat, curang, korupsi, boleh cari partai lain. Kalau suatu saat partai kita tinggal segelintir saja, biarlah tinggal segelintir orang saja yang setia pada bangsa negara. Saya besar hati yang kutu loncat itu tidak banyak. Masih banyak yang setia pada perjuangan merah putih,” lanjut Prabowo. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL