pasukan donetskDonetsk, LiputanIslam.com –– Pasukan separatis pro-Rusia merebut kota Debaltsteve yang telah menjadi ajang perebutan antara pihak-pihak yang berperang di Ukraina timur. Demikian kantor berita Iran Press TV melaporkan, Selasa (17/6).

Kejatuhan kota tersebut menyusul pertempuran sengit antara pasukan Ukraina yang mencoba mempertahakan kota itu dengan pemberontak separatis. Perkembangan ini sekaligus mengancam keefektifan perjanjian gencatan senjata yang ditandatangani minggu lalu di kota Minsk, Belarusia.

Sementara itu BBC News melaporkan pasukan Ukriana masih bertahan di kota tersebut meski pemberontak mengklaim telah mengambil alih sebagian besar kota yang terletak di sebelah timur-laut kota Donetsk itu.

Jubir kelompok separatis Donetsk People’s Republic mengatakan kepada BBC bahwa pasukannya telah menguasai markas polisi di kota itu sebagaimana halnya stasiun kereta api. Ia menambahkan, sebagian besar kota tersebut telah jatuh ke tangan pemberontak dan kini mereka tengah melakukan operasi pembersihan.

Pemberontak mengklaim sejumlah besar pasukan Ukraina telah tewas dan sejumlah besar lainnya menyerahkan diri.

Jubir militer Ukraina kepada Reuters membenarkan serangan pemberontak terhadap stasiun kereta api, namun mengklaim pasukannya masih menguasai kota itu.

Meski telah menjadi ajang pertempuran sengit sejak beberapa minggu yang lalu, para wartawan menyebutkan pertempuran kali ini adalah yang terdasyat yang terjadi di dalam kota.

Perjanjian gencatan senjata yang ditandatangani hari Minggu (15/2) mengandung kontroversi, dimana pemberontak tidak mengakui status kota Debaltseve sebagai wilayah Ukraina setelah pasukan mereka berada pada posisi mengepung pasukan Ukraina.

Denis Pushilin, jubir kelompok Donetsk People’s Republic (DPR), menyebut Debaltseve sebagai wilayah internal Donetsk dan perang terhadapnya merupakan sesuatu yang mengandung nilai moral tinggi.

“Kami tidak berhak untuk menghentikan pertempuran,” katanya kepada Reuters.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL