manuelParis, LiputanIslam.com — Seorang laki-laki Perancis yang menderita penyakit “down syndrome” telah menerima 30.000 kartu ucapan selamat ulang tahun dari seluruh dunia.

Manuel Parisseaux, seorang penderita penyakit “down syndrome” atau “sindrom Mongolia” yang berulang tahun ke-30 hari Sabtu (22/11) menerima 30.000 kartu ulang tahun yang datang dari seluruh penjuru dunia.

“Kami menerima kartu dari seluruh dunia: Sri Lanka, Chicago, Hong Kong dan sebagian bersama lukisan anak-anak,” kata Jacqueline Parisseaux, ibunda Parisseaux sebagaimana dilaporkan BBC News, Senin (24/11).

“Saya tidak mengerti mengapa bisa seperti ini. Manuel seperti kita juga, ia menangis karena terharu (dengan perhatian orang),” tambah sang ibunda.

Karena demikian banyaknya kartu dan hadiah yang diterima, semua barang itu harus disimpan di dalam sebuah garasi milik tetangga di Calais, Perancis. Untuk membawa benda-benda itu dibutuhkan satu truk besar.

Jacqueline (61 tahun) dan suaminya yang juga ayahanda Manuel Parisseaux, memposting status tentang putranya itu di Facebook pada tanggal 3 November, meminta bantuan teman-teman di media sosial untuk menyambut hari ulang tahun anaknya.

“Anak saya Manuel akan berumur 30 tahun pada tanggal November 22. Ia mengidap Down’s syndrome,” tulis Jacqueline di akun Facebook milik suaminya.

“Saya berharap Anda meluangkan waktu beberapa menit untuk menulis dan mengirimkan kartu ulang tahun kecil untuk anak saya dan menyebarkan informasi ini kepada teman-teman Anda sehingga rantai ini tidak putus,” tulisnya lagi.

Jacqueline menyebutkan bahwa pesan yang disampaikannya itu menjadi bola salju segera setelah dipostingkan.

“Kami mendapatkan sedikit kesulitan dengan Facebook karena pesan kami telah disebarkan 120.000 kali dan mereka menyangka kami telah menjalankan kegiatan bisnis atau melakukan scam,” katanya lagi kepada BBC.

Di antara hadiah yang diterima berbentuk kotak-kota coklat, gantungan kunci dan kue-kue. Jacqueline mengatakan bahwa ia akan menyimpan semua hadiah itu, namun tidak bisa membalas semuanya.

Down Syndrome adalah penyakit genetis yang berakibat pada keterbelakangan mental seseorang yang ditunjukkan pada bentuk wajah yang khas sebagaimana orang-orang Mongolia. Oleh karena itulah penyakit ini juga pernah disebut sebagai “sindrom mongolia”, meski istilah ini kini tidak lagi lazim dipakai karena dianggap rasis.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL