milisi bersenjata amerikaWashington DC, LiputanIslam.com — Seorang anggota milisi bersenjata AS tewas dalam tembak-menembak dengan kepolisian federal di Oregon, AS. Enam anggota milisi lainnya ditangkap.

Seperti dilaporkan Press TV, Rabu (27/1), otoritas keamanan AS mengatakan polisi dan para milisi itu terlibat tembak-menembak di jalan raya Highway 395 pada Selasa petang (26/1), ketika polisi berusaha memeriksa para milisi.

Para milisi tersebut adalah bagian dari kelompok milisi bersenjata yang menduduki fasilitas pemerintah Malheur National Wildlife Refuge sebagai protes atas penangkapan dua orang rekan mereka. Milisi yang tewas tersebut adalah yang menjadi provokator terjadinya tembak-menembak, demikian kepolisian menyebutkan. Namun identitasnya masih dirahasiakan polisi.

Adapun mereka yang ditangkap termasuk Ammon Bundy yang menjadi pimpinan kelompok milisi tersebut, juga Ryan Bundy yang tidak lain adalah saudara kandung Ammon. Salah seorang dari mereka yang ditangkap itu dalama kondisi terluka, meski tidak membahayakan nyawanya.

Media lokal menyebutkan, Bundy dan kawan-kawan tengah dalam perjalanan ke sebuah pertemuan warga lokal dimana ia akan menjadi pembicara. Saat itulah polisi menghentikannya.

Mereka kini ditahan polisi dan menghadapi tuduhan melakukan tindakan konspirasi melawan aparat keamanan.

Milisi bersenjata menduduki Malheur Refuge pada 2 Januari menyusul ditangkapnya dua orang pemilik peternakan. Sejak itu mereka terlibat ketegangan dengan aparat keamanan yang mengepung tempat tersebut.

Sejak bertahun-tahun lalu para peternak lokal terlibat perselisihan dengan aparat federal terkait status kepemilikan padang gembalaan yang diklaim pemerintah dan mengharuskan para peternak untuk membayar denda karena telah menggunakan padang gembalaan itu tanpa ijin.

Keluarga Bundy adalah pemilik peternakan di negara bagian tetangga Nevada, dimana peternakan tersebut menjadi konflik bersenjata antara para peternak yang didukung milisi sipil dengan aparat keamanan federal tahun 2014.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL