black bearNew Jersey, LiputanIslam.com — Seorang mahasiswa sebuah universitas di New Jersey, AS, tewas akibat serangan seekor beruang hitam saat melakukan kegiatan jelajah hutan.

Sebagaimana laporan BBC News, Selasa (23/9), Darsh Patel (22 tahun) dan 4 kawannya, pada hari Minggu (21/9) bertemu dengan seekor beruang hitam di kawasan perlindungan alam Apshawa Preserve, sekitar 64 km barat-laut kota New York. Kemungkinan tertarik pada bawaan mereka, beruang tersebut mengejar mereka hingga rombongan itu pun tercerai berai.

Saat berkumpul kembali, mereka menyadari Darsh Patel tidak bersama mereka lagi. Mereka pun langsung mengontak petugas kehutanan.

Saat petugas menemukan Patel sekitar 2 jam kemudian, ia sudah tidak berdaya dengan beruang hitam tersebut berjalan mengelilinginya. Petugas pun menembak beruang itu di tempat dan membunuhnya. Namun Patel ternyata juga sudah meninggal.

“Ini adalah peristiwa yang sangat jarang terjadi,” kata Lawrence Hajna, jubir badan perlindungan lingkungan New Jersy.

Diperkirakan sekitar 2.400 beruang hidup di hutan-hutan di utara New Jersey. Ini adalah kawasan paling padat bagi populasi beruang hitam di AS. Namun kasus terakhir manusia dibunuh oleh seekor beruang hitam terjadi tahun 1852, demikian laporan Reuters.

Kepala polisi West Milford, Timothy Storbeck, mengatakan berat badan beruang yang ditembaknya adalah sekitar 136 kg dan berjenis kelamin jantan. Petugas telah berusaha mengusirnya dengan menakut-nakutinya, namun beruang itu tetap tinggal sehingga petugas pun menembaknya.

Kelcey Burguess, kepala program perlindungan beruang negara bagian New Jersey mengatakan beruang memiliki kecenderungan untuk menyerang, namun kemungkinan besar penyebabnya adalah ketertarikannya pada makanan yang dibawa oleh para mahasiswa itu.

Sementara itu petugas lain mengatakan, kemungkinan para mahasiswa itu tidak memiliki pengetahuan tentang sifat beruang sehingga melakukan tindakan yang justru mempovokasi beruang tersebut. Hal-hal yang harus dilakukan saat bertemu dengan beruang, kata petugas, adalah menghindari kontak mata dan tidak melakukan gerakan yang mengejutkan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL