sandera sydndySydney, LiputanIslam.com — Seorang korban yang tewas dalam peristiwa penyanderaan di kota Sydney bulan lalu, dipastikan terkena tembakan polisi. Demikian hasil penyelidikan atas kasus ini sebagaimana dilaporkan BBC News, Kamis (29/1).

Sementara itu korban kedua, Tori Johnson, dipastikan tewas tertembak oleh peluru penyandera, Man Haron Monis. Monis yang merupakan buronon pemerintah Iran itu menyandera 18 orang di sebuah kafe di kota Sydney bulan lalu. Drama penyanderaan selama 16 jam itu berakhir setelah polisi menyerbu kafe tersebut. Monis dan 2 sandera ditemukan tewas usai penyerbuan.

Penyelidikan itu terutama ditujukan untuk mengetahui bagaimana para korban itu tewas dan mempelajari kemungkinan bisa dihindarinya korban semacam itu dalam peristiwa yang lain.

Sebelum terjadinya penyanderaan, Monis sudah berkali-kali terjerat dalam beberapa kasus kriminal, termasuk kasus pembunuhan terhadap mantan istrinya. Ia juga diketahui mengelami ketidakstabilan psikologis. Dalam beberapa kasus ia mengklaim sebagai ulama Syiah, namun dalam peristiwa lain ia bersikap seperti ulama Sunni.

Dalam peristiwa penyanderaan itu ia memaksa seorang sandera untuk mengibarkan bendera ISIS.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*