Sayyad-sniper-rifle-in-FallujahBahdad, LiputanIslam.com — Dalam konflik berdarah yang kini melanda Irak antara pemerintahan Nouri Al Maliki melawan kelompok-kelompok Al Qaida, senjata-senjata Iran tampak terlibat dalam pertempuran, di pihak pemerintah.

Meski pernah terlibat perang panjang pada tahun 1980-an, Iran tampaknya bahu-membahu dengan pemerintah Irak melawan kelompok-kelompok ekstremis yang juga sama yang tengah memerangi sekutu Iran lainnya, Presiden Suriah Bashar al Assad.

Larangan PBB atas penjualan senjata Iran, memungkinkan sekutu-sekutu Iran yang miskin atau dalam kesulitan ekonomi seperti Suriah dan Sudan mendapatkan senjata-senjata Iran dengan relatif mudah. Juga Irak.

Namun pengiriman senjata Iran ke Irak menandakan terjadinya perubahan peta politik kawasan yang sangat signifikan. Amerika, berharap menjadikan Irak sebagai basis militernya untuk mengepung Iran dengan menyerbu Irak tahun 2003, Irak kini justru “jatuh” ke pelukan Iran setelah pasukan Amerika hengkang tahun 2011 lalu.

Untuk tidak mempermalukan Amerika, Iran dan Irak tentu saja membantah adanya bantuan senjata Iran ke Irak. Namun di medan perang Irak, bukti-bukti itu begitu nyata.

Bukti nyata pertama adalah senjata sniper kaliber 0.50 Sayyad yang dikembangkan dari senjata Steyr Hs. 50 buatan Austria. Senjata ini disebut-sebut juga digunakna oleh sekutu Iran di Lebanon, Hizbollah sebagaimana juga pasukan Suriah.

Juga senjata Siavash, senjata sniper kaliber 7.62 milimeter hasil penurunan dari M40 Sniper Rifle. Siavash merupakan senjata pertama buatan Iran yang ditujukan bagi para penembak jitunya. Senjata ini biasa dipasangkan dengan teleskop panas untuk membidik sasaran.

Pasukan Irak tampaknya juga telah memiliki dalam jumlah terbatas senjata laras panjang buatan Rusian ORSIS T-5000 Rifle. Dikombinasikan dengan senjata-senjata Iran, pasukan Irak memiliki keunggulan signifikan dari para penembak jitu kelompok terkait Al Qaida, ISIS.(ca/thetruthseeker.co.uk)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL