Sumber: Presstv

Washington,LiputanIslam.com—Senator AS, Chris Murphy, mengingatkan bahwa Donald Trump mungkin akan memanfaatkan ketegangan yang tengah terjadi antara AS-Iran untuk menjual lebih banyak bomnya kepada Arab Saudi.

Pada serangkaian Tweet yang diunggah pada Rabu kemarin (22/5), Murphy mengatakan, “Trump mungkin akan menyebut ketegangan dengan Iran sebagai masalah serius, sebagai dalih penjualan lebih banyak senjata kepada rezim Arab Saudi tanpa melalui persetujuan kongres.”

“Saya mendengar Trump bisa memanfaatkan celah terbuka di dalam undang-undang yang mengontrol penjualan senjata,” tulis Murphu. Menurutnya, celah inilah yang nantinya akan digunakan agar kongres tak merasa keberatan dengan aktivitas itu. “Penjualan bisa terjadi minggu ini,” tegas Murphy.

Baca: Ini Kerugian Saudi Pasca 1000 Hari Agresi atas Yaman

Undang-undang yang mengontrol penjualan senjata di AS memungkinkan kongres untuk mencegat penjualan senjata ke negara asing. Tapi, menurut Murphy, Trump bisa mengklaim penjualan senjata dilakukan karena keadaan darurat. “Dengan cara ini, Trump akan memaksa kongres menyetujui rencananya,” tambah Murphy.

Amerika adalah pemasok utama senjata ke Arab Saudi, kerajaan yang selama beberapa tahun terakhir gencar melakukan serangan militer ke Yaman. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*