mccainWashington DC, LiputanIslam.com — Senator dan mantan calon presiden AS John McCain mengancam akan memanggil para marinir yang ditangkap Iran beberapa waktu lalu karena memasuki wilayah Iran.

Seperti dilaporkan Press TV, McCain, hari Ahad waktu AS (14/2), mengatakan dirinya akan memanggil 10 prajurit marinir AS untuk memberikan kesaksian perihal penangkapan mereka oleh otoritas keamanan Iran, jika pemerintah tidak bisa memberikan laporan yang mencukupi perihal insiden itu, sampai tanggal 1 Maret mendatang.

“Ini adalah pilihan yang sebenarnya tidak ingin saya lakukan,” kata McCain, yang mengetuai komisi Angkatan Bersenjata Senat, kepada wartawan.

Pada tanggal 12 Januari lalu angkatan laut Pengawal Revolusi Iran (IRGC) menangkap 10 marinir AS yang memasuki wilayah Iran dengan dua perahu cepat. Sehari kemudian para marinir itu dibebaskan setelah pemerintah AS meminta ma’af kepada Iran atas pelanggaran wilayah Iran.

Pada tanggal 13 Januari Iran merilis video yang menunjukkan proses penangkapan para marinir AS tersebut. Hal itu dianggap telah mempermalukan pemerintah dan rakyat AS.

McCain mengatakan telah menyampaikan keprihatinan tentang laporan insiden tersebut kepada Menlu John Kerry dalam pertemuan keamanan internasional di Munich, baru-baru ini.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL