edward brookeWashington DC, LiputanIslam.com — Senator kulit hitam pertama AS, Edward Brooke, meninggal dalam usia 95 tahun, Sabtu (3/1). Demikian BBC News melaporkan Minggu (4/1).

Brooke dikenal sebagai politisi Partai Republik yang liberal. Ia menentang presiden dari Partai Republik, Richard Nixon dengan menjadi senator Partai Republik pertama yang menyerukan Nixon untuk mundur setelah terlibat skandal Watergate. Ia juga dikenal sebagai salah satu inisiator UU Fair Housing Act tahun 1968, yang melarang diskriminasi rasial dan agama.

Meski sebelumnya sudah ada 2 senator kulit hitam yang diangkat oleh Senat, Brooke adalah senator kulit hitam pertama yang menduduki jabatannya melalui pemilihan tahun 1966 mewakili negara bagian Massachusetts.

Pada tahun 1972 ia terpilih kembali sebagai senator dengan perolehan suara meyakinkan. Namun saat hendak mencalonkan kembali pada periode ketiga, ia terlibat masalah finansial serta perceraian dengan istrinya sehingga popularitasnya menurun.

Pada tahun 1978 ia kembali gagal menjadi senator dan pindah profesi sebagai pengacara.

Pada tahun 2002 Brooke didiagnosa mengalami kanker payudara, yang mendorongnya menjadi aktifis penggiat perhatian nasional terhadap penyakit ini di kalangan pria.

Sebelum menjadi politisi, Brooke adalah praktisi hukum hingga terpilih sebagai Kepala Kejaksaan negara bagian Massachussete. Hal itu menjadikannya warga kulit hitam pertama yang menduduki jabatan itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*