Washington, LiputanIslam.com–Senator AS, Dick Durbin, menegaskan bahwa pemerintahnya harus mengusir duta besar Arab Saudi di Amerika akibat isu pembunuhan Jamal Khashoggi.

Dubes Saudi untuk AS bernama Pangeran Khaled bin Salman, adik dari putera mahkota Muhammad Bin Salman yang oleh CIA diidentifikasi sebagai dalang di balik pembunuhan Khashoggi.

Baru-baru ini, senator Durbin dan beberapa rekannya di parlemen melakukan diskusi dengan Direktur CIA Gina Haspel tentang pembunuhan Khashoggi. Senator dari partai Demokrat ini pun mengaku tidak memahami upaya Presiden AS Donald Trump dan para kaki tangannya di pemerintahan seperti menlu Pompeo dan Menteri Pertahanan James Mattis, dalam meragukan keterlibatan “nyata” Pangeran MBS dalam pembunuhan itu.

“Saya tidak dapat memahami upaya human pemerintahan Trump, Sec. Pompeo, padahal kami duduk dan berdiskusi dengan analis intelijen yang sama dan kesimpulannya sangat jelas [bahwa MBS terlibat],” ucap Durbin kepada CNN.

Durbin mengatakan bahwa setelah ia berdiskusi dengan Haspel pada hari Selasa (4/12), dia semakin yakin bahwa pemerintah AS bertanggungjawab menyampaikan pesan yang jelas dan kuat bahwa mereka tidak membenarkan tindakan MBS tersebut.

“Saya mengatakan ini beberapa bulan lalu dan saya katakan lagi sekarang: kita harus secara resmi mengusir Duta Besar Saudi untuk Amerika Serikat karena keterlibatan langsung sang Putra Mahkota dalam penculikan dan pembunuhan Jamal Khashoggi,” tegasnya. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*