Washington, LiputanIslam.com—Senat AS mendukung resolusi yang menolak rencana Presiden Donald Trump untuk menyelesaikan penjualan senjata ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Keputusan Senat ini dipicu atas kekhawatiran mereka terhadap catatan HAM kedua rezim Timur Tengah itu.

Menurut laporan, para anggota majelis tinggi Kongres memberikan suara 53 setuju lawan 45 pada hari Kamis (20/6) untuk resolusi pertama yang akan memblokir penjualan senjata seharga $8,1 miliar. Resolusi kedua disetujui dengan suara 53 lawan 45, dan 20 resolusi sisanya disetujui oleh 51 lawan 45.

Setelah disetujui oleh Senat, resolusi-resolusi ini juga harus diloloskan oleh Dewan Perwakilan Rakyat yang dikontrol faksi Demokrat.

Sejumlah pejabat pendukung resolusi, di antaranya Bob Menendez dan Lindsey Graham mengatakan, mereka telah mengirim pesan bipartisan kepada Arab Saudi bahwa Washington tidak nyaman dengan pelanggaran HAM seperti pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Mereka juga menyatakan keprihatinan mendalam terhadap Arab Saudi dan UEA karena melancarkan agresi militer atas rakyat Yaman sejak tahun 2011.

Selama beberapa waktu terakhir, rasa keprihatinan Kongres AS semakin meninggi terhadap perang Yaman yang telah menewaskan ribuan orang dan menyebabkan krisis kemanusiaan di negara itu.

Sejumlah anggota Kongres pun telah menyerukan penangkapan terhadap Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman, yang dianggap bertanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi di Turki pada Oktober lalu.

Sementara itu, Trump berisikukuh mengupayakan penjualan senjata dengan alasan bahwa Washington membutuhkan Saudi dan Emirat sebagai mitra strategis melawan Iran. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*