Washington,LiputanIslam.com—Menyusul naiknya kekhawatiran di tengah para anggota senat AS tentang buruknya catatan Hak Asasi Manusia (HAM) rezim Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, para senator AS akan memblokir rencana Presiden AS, Donald Trump, untuk menuntaskan penjualan senjata senilai $ 8 milyar kepada Saudi dan UEA.

Sikap para senator ini datang pasca diumumkannya ketentuan darurat dalam undang-undang pengendalian senjata negara yang memungkinkan dibolehkannya menjual senjata utama ke dua sekutu utama Amerika di Timur Tengah itu.

Oleh pemerintah Trump, ketentuan darurat ini coba diperkuat dengan tudingan munculnya ancaman dari Iran. Namun, para legislator undang-undang AS menjelaskan bahwa mereka ingin agar pemerintah AS benar-benar mempertimbangkan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh kedua negara itu.

Baca: Tahun 2018, Penjualan Senjata AS Naik 13 %

Pimpinan Senat, Mitch McConnell, menyampaikan pemungutan suara telah dilakukan pada Rabu kemarin (19/6), setelah kelompok oposisi mengajukan 22 resolusi atas ketidaksetujuan mereka pada rencana tersebut. Meski begitu, mereka mengakui perlunya dukungan dari mayoritas anggota lainnya agar kemungkinan veto dari Trump bisa dilumpuhkan. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*