Sumber: hipwee.com

Yogyakarta, LiputanIslam.com– Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kulonprogo Yogyakarta akan menggelar kemah pemuda lintas agama di Kawasan Kalibiru pada 26-27 mendatang. Ketua FKUB Kulonprogo, Agung Mabruri Asrori mengatakan bahwa kegiatan kemah itu digelar untuk menumbuhkan dan menguatkan kembali sikap toleransi para pemuda antar agama.

“Menguatkan kembali konsep toleransi dan kegotongroyongan di antara para pemuda dari berbagai latar agama,” ucapnya di Kulonprogo, Yogyakarta, pada Selasa (23/7).

Menurut Agung, ada tiga hal penting yang akan dilakukan pada kegiatan kemah tersebut. Yakni, talkshow tokoh dari lima agama, sosialisasi peraturan bersama menteri (PBM) tentang toleransi beragama, dan deklarasi kerukunan beragama oleh para pemuda.

Untuk deklarasi, isinya sendiri akan dirumuskan oleh para pemuda melalui perjumpaan dan dialog pada kegiatan kemah itu. Menurut Agung, pihaknya memberikan kebebasan kepada para pemuda untuk merumuskan isi deklarasi.

“Kami tidak akan mengintervensi dan isi deklarasi murni dibuat mereka. Harapannya, suasana kerukunan umat beragama yang aman, rukun, harmonis dipelopori pemuda,” ucapnya.

Baca: Semangat Toleransi, Warga Non-Muslim Ikut Bantu Bangun Masjid

Sementara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) beberapa hari lalu juga menggelar Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) Tahun 2019 di Candi Prambanan. Pada kesempatan itu, Mendikbud Muhadjir Effendy mengingatkan akan pentingnya sikap toleransi, saling menghormati dan semangat memajukan budaya oleh para pemuda. (aw/tribun/kemdikbud).

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*