SOCIAL-ENERGIE-NUCLEAIRE-ENVIRONNEMENT-EDF-INCIDENTParis, LiputanIslam.com — Entah apa yang sedang terjadi di Perancis dan negara-negara barat saat ini. Drone-drone misterius semakin sering terbang di atas reaktor-reaktor nuklir mereka, namun tidak pernah ada penjelasan orotitas setempat tentang fenomena ini.

Seperti dilaporkan Russia Today, Senin (5/1), 2 drone diketahui terbang di atas sebuah reaktor nuklir Perancis pada hari Sabtu (3/1). Ini adalah peristiwa terakhir dari serangkaian peristiwa sejenis yang terjadi di Perancis dan negara-negara Eropa lain.

Peristiwa ini terjadi di fasilitas reaktor nuklir  Nogent-sur-Seine di tengah Perancis, demikian AFP melaporkannya hari Minggu (4/1).

“Sekitar pukul 18:40, para pegawai keamanan reaktor itu melihat 2 obyek terbang di dekat fasilitas nuklir itu,” kata pejabat reaktor nuklir itu kepada AFP. Kedua obyek itu kemudian diketahui sebagai drone, dan polisi telah diberitahu tentang insiden ini.

Tahun lalu pemerintah Perancis mengakui bahwa antara bulan Oktober hingga November drone-drone misterius diketahui telah terbang di atas 13 reaktor nuklir Perancis. Padahal berdasar undang-undang wilayah udara di atas fasilitas-fasilitas penting itu terlarang bagi penerbangan apapun. Wilayah udara di atas fasilitas-fasilitas nuklir itu bahkan dilindungi oleh sistem pertahanan udara Perancis.

Meski selama ini tidak ada insiden yang membahayakan, para ahli mengkhawatirkan insiden-insiden yang terus berulang selama 3 bulan terakhir bisa membahayakan keamanan fasilitas-fasilitas strategis itu. Drone-drone itu selain bisa digunakan sebagai alat mata-mata, juga bisa dilengkapi dengan alat-alat untuk merusak fasilitas strategis itu.

Pemerintah Perancis dikabarkan telah merencanakan pembuatan sistem pertahanan udara baru senilai $1,2 miliar untuk melindungai fasilitas-fasilitas nuklirnya. Sistem ini diharapkan bisa terintegrasi dengan negara-negara tetangga.

Lebih dari 80% penerangan di Perancis berasal dari energi yang dihasilkan oleh reaktor-reaktor nuklir.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*