harrisLondon, LiputanIslam.com — Selebritis senior Inggris, Rolf Harris (84 tahun) hari Jumat (4/7), divonis penjara 5 tahun 9 bulan karena kasus pelecehan terhadap sejumlah anak-anak. Kejahatan yang dilakukan Harris terjadi sejak tahun 1970. Demikian laporan BBC, Jumat kemarin.

Seniman dan musisi kelahiran Australia ini, yang menjadi pelukis potret Ratu Elizabeth II pada ulang tahunnya yang ke 80 tahun 2006, didakwa di bawah operasi penyelidikan Yewtree. Operasi ini menyelidiki kejahatan lama yang melibatkan tokoh-tokoh senior Inggris, termasuk entertainer terkenal Jimmy Savile, yang meninggal dunia sebelum kasusnya disidangkan beberapa waktu lalu.

Belasan wanita yang mengaku sebagai korban pelecehan oleh Harris, termasuk beberapa dari Australia, mengejutkan polisi dalam penyelidikan itu.

Hakim pengadilan di Southwark Crown yang menjatuhkan hukuman, Nigel Sweeney, ada beberapa faktor yang memberatkan Harris.

“Anda mengambil keuntungan dari kepercayaan yang diberikan orang kepada Anda, karena status selebritis Anda, untuk melakukan kejahatan,” kata hakim.

“Dalam setiap kasus, jarak umur antara Anda dan korban Anda adalah faktor yang menentukan. Anda merasa senang melakukan kejahatan-kejahatan itu sementara orang orang lain berada di dekatnya dan mereka tidak menyadari kejahatan Anda. Kehadiran mereka menambah penderitaan korban-korban Anda.”

Harris kemungkinan akan menjalani separo dari hukuman itu di penjara sebelum dibebaskan untuk masa percobaan.

Seorang saudara korban mengatakan di luar sidang, “saudara baru berusia 8 tahun saat menjadi korban tindakannya.” Korban harus mengalami penderitaan seumur hidup akibat kejahatan itu sebagaimana gadis-gadis lainnya.

Sementara detektif Mick Orchard, dalam pernyataannya di luar sidang kepada wartawan mengatakan, “pengadilan hari ini telah mendengarkan dampak atas kejahatan ini terhadap para korban. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas keberanian mereka untuk maju.”

Harris adalah salah satu aktor penghibur terfavorit anak-anak di Inggris. Ia telah berkarier sejak tahun 1960-an di dunia hiburan dengan beberapa show terkenal seperti “Tie Me Kangaroo Down, Sport,” “Jake the Peg” dan “Two Little Boys.”

Sebagaimana sejawatnya, Jimmy Saville, ia bekerja untuk stasiun televisi Inggris BBC dan telah mendapatkan berbagai penghargaan, termasuk gelar bangsawan Order of the British Empire.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL