peklushenkoKiev, LiputanIslam.com — Mantan gubernur dan sekutu dekat presiden terguling Ukraina Victor Yanukovycn, Oleksandr Peklushenko, ditemukan meninggal misterius dengan luka di lehernya. Ia adalah mantan sekutu Yanukovych ke-enam yang meninggal secara misterius.

Otoritas setempat menyebut penyelidikan awal mengindikasikan Oleksandr Peklushenko bunuh diri. Namun hal itu justru menimbulkan berbagai spekulasi, mengingat ia adalah orang ke-enam di antara sekutu dekat Yanukovych yang meninggal dengan cara yang sama hanya dalam waktu 6 minggu terakhir. Demikian seperti dilaporkan BBC News, Kamis petang (12/3).

Peklushenko, mantan gubernur Provinsi Zaporizhzhya, saat itu sebenarnya tengah menjalani pemeriksaan atas tuduhan pelanggaran dalam pembubaran aksi demonstrasi anti-Yanukovych yang berakibat tewasnya sejumlah orang tahun lalu.

Kelima sekutu Yanukovych lainnya yang tewas adalah mantan anggota parlemen Stanislav Melnyk yang tewas tertembak di kamarnya tanggal 9 Maret, mantan wakil ketua Party of Regions Mykhaylo Chechetov yang tewas terjatuh dari apartemennya tanggal 28 Februari, mantan walikota Serhiy Valter yang tewas tergantung pada tanggal 25 Februari.

Selanjutnya adalah Oleksandr Bordyuh, mantan wakil kepala polisi kota Melitopol yang tewas di rumahnya pada tanggal 26 Februari. Terakhir adalah Oleksiy Kolesnyk, mantan kepala pemerintah Provinsi Kharkiv yang tewas tergantung pada tanggal 29 Januari.

Kantor berita Interfax Ukraine melaporkan, dengan mengutip sumber pemerintah, bahwa Peklushenko (60 tahun) melakukan bunuh diri di rumahnya di desa Sonyachne, dekat kota Zaporizhzhya. Namun penyidik juga menyelidiki tentang kemungkinan sebab lain, yaitu pembunuhan.

Peklushenko menjadi gubernur pada tahun 2011 hingga tumbangnya pemerintahan Yanukovych bulan Februari 2014. Setelah gagal mengendalikan aksi-aksi demonstrasi yang berubah menjadi aksi anarkis, Yanukovych melarikan diri ke Rusia dan tinggal di negara ini hingga kini. Tidak lama kemudian Rusia menganeksasi wilayah Krimea dan terjadi aksi separatisme di Ukraina timur, tempat asal Yanukovych.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*