hotel tripoliTripoli, LiputanIslam.com — Sejumlah warga asing tewas dalam serangan atas sebuah hotel mewah di tengah kota Tipoli, Libya, Selasa (27/1). Setidaknya sembilan orang tewas dalam serangan itu, termasuk 5 warga asing.

Seperti dilaporkan BBC News, sejumlah orang bersenjata menembaki area resepsi Corinthia Hotel yang populer di kalangan turis asing. Sebuah bom mobil juga meledak tidak jauh dari hotel tersebtu. Sejumlah laporan yang belum terkonfimasi menyebutkan bahwa beberapa penyerang meledakkan bom di tubuhnya.

Di antara warga asing yang tewas itu seorang warga AS dan seorang lagi warga Perancis. Demikian pejabat lokal menyebutkan. Deplu AS dan Perancis membenarkan tewasnya warga mereka namun tidak menjelaskan lebih rinci. Bebagai sumber menyebutkan warga AS dan Perancis itu adalah pegawai kontraktor keamanan atau tentara swasta.

Jumlah korban sebenarnya masih simpang siur. Namun otoritas keamanan Libya meyakinkan bahwa temak-menembak telah berakhir.

Sebuah kicauan dari kelompok ISIS mengklaim bahwa serangan itu dilakukan oleh kelompoknya. BBC juga melaporkan bahwa kelompok ini telah menampakkan kehadirannya terutama di kota Derna sejak Oktober lalu. Wartawan BBC di Tripoli juga melaporkan terjadinya sejumlah serangan di barat Libya meliputi aksi-aksi penculikan dan pemboman, yang dilakukan kelompok ini. Namun struktur komando kelompok ini masih belum diketahui.

Seorang petugas hotel mengatakan kepada BBC bahwa beberapa hari sebelumnya hotel tersebut telah mendapatkan peringatan akan terjadinya serangan. Ia juga menyebutkan bahwa serangan terjadi pada saat hotel sedang sepi.

Corinthia Hotel merupakan tempat favorit para ekspatriat. Misi PBB juga membangun basisnya di hotel ini.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*