LiputanIslam.com – Dalam pemilu 2019 ini, sejumlah panitia Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dalam tugas di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jumlah korban terus bertambah setiap harinya.

Mengetahui hal ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, memberikan apresiasi sekaligus menyampaikan bela sungkawa kepada para korban dan seluruh panitia pemilu 2019.

“Keluarga besar Kementerian Dalam Negeri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk para penyelenggara pemilu, petugas KPPS yang telah berjuang menyukseskan agenda besar nasional ini,” kata Tjahjo pada Jumat (19/4).

Ia menegaskan bahwa tugas para penyelenggara pemilu memang berat dan cukup menguras tenaga sehingga banyak petugas yang kelelahan dan kemudian jatuh sakit. Ada beberapa di antaranya yang kemudian meninggal dunia.

Berdasarkan laporan, ada sejumlah petugas KPPS di TPS daerah Bekasi, Bogor, Malang, Tasikmalaya, Karawang, dan daerah lainnya. Beberapa di antaranya terkena serangan jantung dan penyakit lamanya kumat akibat kelelahan bertugas dari mulai sebelum hari pencoblosan hingga selesai penghitungan suara.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabarnya akan memberikan santunan kepada keluarga korban dan para petugas yang sakit akibat kelelahan bertugas. (Ayu/Tempo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*